Selasa, 03 Desember 2013

Jati Diri Sebagai Warga Negara Indonesia


Assalamualaikum ..
Haii, kita bertemu lagi yaaa ..
Kali ini kita akan membahas tentang jati diri sebagai warga negara Indonesia.

Jika berbica tentang hal tersebut, maka kita harus mengetahui arti dari jati diri dan warga negara. Pengertian jati diri adalah ciri khas yang dimiliki oleh seseoranag atau sekumpulan orang yang menjadi identitasnya. Sedangkan pengertian warga negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu. Setiap orang memiliki jati diri sebagai warga negara suatu bangsa.

Warga negara Indonesia jumlahnya sangat banyak, akan tetapi tidak semua warga negara Indonesia mengakui jati dirinya sebagai orang Indonesia. Dan ada juga sebagian warga negara Indonesia yang bangga dengan jati diri mereka sebagai orang Indonesia.
Ciri-ciri warga negara yang tidak mengakui jati diri sebagai warga negara Indonesia :
  • Tidak menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari, padahal pancasila merupakan dasar negara Indonesia yang dijadikan sebagai pedoman bangsa Indonesia.
  • Malu menggunakan produk yang di produksi oleh Indonesia, seperti lebih membeli produk dari negara lain dan menganggap produk dari negara lain kualitasnya lebih baik dibandingkan dengan kualitas produk dari Indonesia.
  • Lebih bangga dengan budaya negara lain dari pada negara sendiri, sehingga melupakan budaya yang ada di Indonesia.
  • Lebih mencintai negara lain dibandingkan negara sendiri, seperti suka berlibur di negara lain (Eropa, Amerika, dsb) daripada di Indonesia. Padahal di Indonesia pemandangannya lebih indah dan di Indonesia banyak tempat wisata yang lebih bagus.
  • Mengolok-olok atau menghina negara sendiri, misalnya saat melihat pemerintahan yang ada di Indonesia yang kurang tepat dalam menangani suatu masalah, sehingga bagi orang yang malu akan identitas sebagai warga negara Indonesia biasanya menghina bangsanya sendiri.

Ada juga ciri-ciri orang yang bangga dengan jati diri sebagai warga Indonesia :
  • Menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan selalu mematuhi peraturan yang ada di Indonesia.
  • Lebih menyukai produk dalam negeri, sehingga tidak suka membeli dan mengimpor barang yang ada di luar negeri.
  • Membuat bangga negara dengan memperkenalkan Indonesia ke luar negeri, seperti mengekspor barang buatan dalam negeri ke luar negeri sehingga menambah pemasukan bagi Indonesia dan dapat membanggakan Indonesia.
  • Mempromosikan dan memperkenalkan tempat wisata ke luar negeri sehingga banyak orang asing yang akan berkunjung ke Indonesia. Hal tersebut akan membuat untung bagi Indonesia, yaitu dapat menambah devisa negara dan dapat membuat Indonesia dikenal di luar negeri.
  • Mencintai negara sendiri dan rela berkorban untuk Indonesia. Serta rela membela Indonesia dalam hal apapun.

Setelah mengetahui ciri-ciri bagaimana orang yang bangga dengan jati dirinya dan orang yang malu mengakui jati dirinya sebagai warga negara Indonesia, kita harus merenungi sikap kita sebagai warga Indonesia dan merubah sikap buruk kita sebagai warga Indonesia. Malah kita sebagai warga negara Indonesia harus bangga dengan identitas kita, karena seburuk-buruknya Indonesia disitulah tempat kita dilahirkan, tempat kita dibesarkan dan tempat kita menuntut ilmu. Sehingga kita tidak boleh malu mengakui jati diri sebagai warga negara Indonesia, dan kita harus membuat bangga negara kita, memajukan negara kita dan rela berkorban untuk negara kita.
Cintailah negara sendiri karena disitulah tempat kita memulai kehidupan di dunia dan mulai kehidupan di liang lahat.

Okay guys, sampai ketemu lagi di artikel saya selanjutnya .. bye bye ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar